Hot News On Universitapedia   »   Website Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia - Ranking Universitas di Dunia - Harvard Universitas Terbaik di Dunia -

Saturday, February 27, 2010

Kemana Selepas SMA/ SMK??

Beberapa dari temen-temen mungkin bingung untuk mengambil sikap selepas lulus SMA/ SMK. Hal ini disebabkan banyak pilihan yang ada selepas lulus SMA/ SMK. Ini berbeda ketika kita lulus SMP? MTS, setelah lulus SMP atau MTS kita hanya ada alternatif pilihan yang lebih ketat, yaitu melanjutkan sekolah ke SMA dan apabila benar-benar tidak mampu dari segi ekonomi dan otak adalah tidak melanjutkan.


Setelah SMA/ SMK kita dihadapkan realitas untuk segera memantapkan pilihan demi masa depan yang kita pilih sendiri. Pertama, usia lulus SMA atau SMK sudah memasuki usia dewasa yang juga menuntut banyak konsentrasi. Bagi yang ada cukup dana dan berkeinginan untuk lebih maju, mereka mengambil jalur kuliah dan yang belum ada dana mereka mengambil kursus atau bahkan langsung turun ke dunia kerja.


Satu hal yang penting untuk diperhatikan adalah bahwa sebagian lulusan SMA/SMK memiliki inisiatif yang bersumber pada pribadi/ kesenangan dan kemantapan untuk menentukan pilihan, terutama dalam melanjutkan studi (Kuliah) baik ke universitas, sekolah tinggi maupun akademi.

Kita telaah satu persatu, pertama apabila kita berasal dari SMA, banyak kecenderungan untuk melanjutkan studi yang sifatnya akademis murni. Contoh, kuliah ke program-program studi umum/ nonteknis maupu ke D3 sedangkan STM rata-rata akan kuliah ke program kerja studi teknik dan yang berbau dinas, ikatan kerja seperti STT Telkom, sekolah PT POS, D1 Perhubungan, Pelayaran, STAN, Sandi Negara, Tentara, Polisi dll.

Sekali lagi yang perlu sekali diperhatikan menurut kami adalah faktor ketertarikan terhadap calon tempat siswa kuliah/ menuntut studi lanjutan.

Selanjutnya kita melakukan kalkulasi berhubungan dengan titik optimal antara bakat kita (mungkin bisa dibantu dengan tes psikologi) kemampuan kedepan, otak dsb, kondisi keuangan dan lingkungan keluarga dan visi kita kemasa depan. Sebagai contoh, kita suka jurusan kedokteran tetapi jurusan kita IPS, nilai kita kurang bagus, keuangan keluarga juga tidak mendukung, ada baiknya kita mengalihkan pilihan ke program studi lain yang lebih terjangkau. Perlu ditambahkan bahwa kemampuan bisa sedikit dipompa (menghadapi SMPTN/ Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri) untuk bisa diterima, tapi perlu diingat kalau kita bisa masuk tapi tak bisa keluar, itu berbahaya.... jadi pikirkanlah ulang tujuan anda.

Masalah biaya juga bisa diatasi dengan beasiswa, jadi bagi anda yang otaknya lumayan briliant, tidak perlu berkecil hati. Program beasiswa pra, selama, maupun pasca kuliah tingkat awal bisa anda atasi dengan beasiswa baik yang mengikat maupun tidak. Pandai-pandailah mencari beasiswa. Di blog ini kami juga sudah memberika link info beasiswa.

Itulah tadi sedikit pengamatan tentang pengantar kuliah, masih ada banyak hal yang akan saya posting di artikel yang selanjutnya. Selamat mengikuti.

2 Komentar:

adi said...

blog yang informatif kita jadi tauuu Mau Kemana Setelah SMA bagus gan blognya, makasih ya, keep bloging, dan terus berkarya sehat terus gan oh iya kalau mau tentang stan bisa baca2 blog kami
blog yang info Info STAN
http://aku-ingin-kuliah.blogspot.com/

Unknown said...

terus psting info2 yg bermanfaatnya gan
senang bisa berkunjung ke blog anda
terimakasih banyak

Post a Comment

Informasi Identitas Berkomentar:

Google/Blogger: Untuk yang mempunyai Account Blogger.
Wordpress: Komentar dengan account Wordpress
Name/URL: Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonymous: Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda.