Hot News On Universitapedia   »   Website Universitas Negeri dan Swasta di Indonesia - Ranking Universitas di Dunia - Harvard Universitas Terbaik di Dunia -

Saturday, February 27, 2010

Calon Mahasiswa Tak Perlu Takut Masuk Universitas Indonesia

TEMPO Interaktif, Jakarta - Kepala Kantor Komunikasi Universitas Indonesia Vishnu Juwono meminta masyarakat tak perlu takut atau segan masuk Universitas Indonesia dengan alasan mahal.

"Kami menyediakan banyak beasiswa dengan aneka skema," ujarnya di Jakarta, Jumat (22/1).

Vishnu mengakui selama ini berkembang image bahwa masuk ke Universitas Indonesia akan menghabiskan banyak biaya. Meski tidak berpengaruh dalam jumlah peminat, tapi UI tidak bisa berdiam diri terhadap isu yang berkembang.
"Kami harus menjawab bahwa jangan takut masuk UI, yang penting kemampuan, nanti akan ada banyak dukungan," urainya.

Untuk beasiswa, kata Vishnu, tahun ini disediakan senilai Rp 58 miliar. "Naik dari tahun lalu Rp 36 miliar," jelasnya. Bahkan pihaknya juga menyediakan beasiswa khusus bagi calon mahasiswi yang bersedia masuk ke jurusan Teknik Mesin.

Menurutnya, dengan aneka beasiswa dan daftar biaya pendidikan yang terpampang dalam situs Universitas Indonesia, calon mahasiswa bisa memilih untuk masuk melalui jalur yang tersedia.

Universitas Indonesia menggunakan pola Ujian Bersama, Seleksi Masuk Universitas Indonesia (SIMAK UI), Program Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB), Kerja Sama Daerah dan Industri-UI (KSDI-UI) dan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri.

Tahun 2010, Universitas Indonesia menargetkan kuota pendaftar online mencapai seratus ribu peserta, naik dari tahun kemarin yang berjumlah 80 ribu peserta.

Universitas Indonesia, kata Vishnu, tahun ini akan menerima mahasiswa baru sebanyak 2.200 orang dari 4.500 total mahasiswa S-1 melalui jalur Seleksi Masuk Universitas Indonesia. "20 persen dari 4.500 mahasiswa akan masuk melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri," ujarnya.

0 Komentar:

Post a Comment

Informasi Identitas Berkomentar:

Google/Blogger: Untuk yang mempunyai Account Blogger.
Wordpress: Komentar dengan account Wordpress
Name/URL: Jika tidak punya account blogger namun punya alamat Blog atau Website.
Anonymous: Jika tidak ingin mempublikasikan profile anda.